Cara Menjaga Semangat Blogging, Fire Power! Begini Saya Melakukannya

Oke, bagi Anda yang heran bagaimana cara menstabilkan semangat, penasaran "kenapa sih semangat naik turun?" atau sedang mencari tahu cara menjaga semangat blogging tetap meyala. Maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat, karena dalam tulisan ini Blogger Firaun akan berbagi pengalaman dan tips bagaimana membuat semangat tetep berkobar terus menerus, terutama ketika ngeblog, jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Pelan-pelan saja ya bacanya, gak ada yang ngejar kok hehe. Kenapa bacanya pelan-pelan, biar gak poin ada yang terlewat tentunya.

Baik, dalam tulisan ini pertama yang akan Blogger Firaun sharing adalah tentang pengalaman Blogger Firaun dalam menjaga semangat, terutama ketika menjaga semangat ngeblog, ini penting karena Blogger Firaun adalah seorang Blogger hehe. Apaan sih, ayo lanjut baca hehe.

Bagi Blogger Firaun menjaga semangat lebih sulit daripada membangkitkan semangat, ini yang Blogger Firaun alami. Maka dari itu judul artikel ini adalah tentang cara menjaga semangat blogging bukan cara membangkitkan semangat ngeblog. Mungkin yang Anda alami berbeda, mungkin juga sama.

Tapi begini, kalau mempertahankan semangat itu lebih sulit daripada membangkitkan semangat, tentunya membangkitkan semangat akan jadi lebih mudah apabila Anda sudah mengetahui cara mempertahankan semangat.

Sampai sini harus clear dulu ya tentang membangkitkan dan mempertahankan semangat, karena setelah paragraf ini pembahasan langsung akan menukik ke tutorial menjaga semangat ngeblog, yang lebih teknis.


Berikut cara menjaga semangat ngeblog, agar lebih konsisten baik dalam menulis maupun menerbitkan artikel
Agar blog terawat, maka semangat ngeblog baik jika dipelihara, dalam artikel ini dijelaskan tentang cara menjaga semangat blogging

Panduan menjaga semangat saat ngeblog

Oke kita balik lagi, bagaimana sih menjaga semangat ngeblog tetep menyala? Menenurut pengalaman Blogger Firaun, ini yang harus dilakukan untuk menjaga semangat nulis dan membuat artikel untuk blog, agar bisa update terus :
  1. Tentukan tujuan ngeblog
  2. Bersyukur diberi kesempatan buat ngeblog
  3. Selesaikan 1 artikel terlebih dahulu
  4. Ngeblog dengan persistence
Berikut penjabarannya :


Tujuan ngeblog

Pertama ingat apa sebenarnya tujuan ngeblog. Anda menulis setiap hari, capek-capek buat artikel, atau ngeluarin duit buat bayar jasa tulis artikel SEO? Untuk apa itu sebenarnya?


Jika Anda belum punya tujuan blogging, berhenti saja membaca artikel ini.

Buat dulu tujuan Anda, karena tujuan ini sangat penting, ibarat Anda adalah seorang traveller, tujuan adalah guide Anda, yang akan membuat Anda selalu on the track saat blogging. Tidak kehilangan arah.



Jika tujuan ngeblog Anda sudah jelas, maka akan semakin mudah menjaga nyala semangat.

Syukuri kesempatan ngeblog

Semangat ngeblog itu tak datang tiba-tiba. Ya ini betul, ketika saya akan mulai ngeblog, maka "gairah" atau "hasrat" tersebut tak muncul dengan tiba-tiba, tapi ada penyebabnya, ada inspirasinya. Saya kira Anda juga begitu.

Maka semangat tersebut harus disyukuri, "caranya bagaimana?", caranya adalah dengan tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, itu adalah "give", apalagi kalau Anda punya sumberdayanya, seperti laptop, komputer, smartphone dan koneksi internet yang jempolan.


Maka Blogger Firaun mulai mengkreasikan blog ini, belum selesai dibuat sudah banyak tantangan, mulai dari custom tamplate sampai bingung menentukan judul artikel apa yang baiknya dipasang.

Rasa syukur tersebut yang menjaga Blogger Firaun tetep pada jalur, tetap nulis blog, tetap ngoprek template, sekalipun belum ada pemasukan di awal ngeblog.


Selesaikan sebuah artikel 1 dahulu

Apabila Anda tengah mengerjakan sebuah artikel, namun baru dapat 3 atau 4 paragraf, dan kemudian Anda merasa artikel tersebut mustahil untuk diselesaikan. Maka, jangan berhenti, selesaikan artikel tersebut!

Apabila Anda tidak menyelesaikan artikel tersebut, itu hanya akan memberikan dampak psykologis yang kurang baik bagi mental Anda, mental menulis Anda mudah rapuh, mudah menunda-nunda membuat artikel nantinya.


Sebaliknya, apabila Anda bisa menyelesaikan artikel tersebut, maka itu akan menjadi energi tersendiri, energi tersebut akan menjadi semangat baru, untuk membuat artikel baru.

Baca juga : Breadcrumbs Error Search Console Teratasi, Traffic Naik Tajam

Ingat, Anda bukan malaikat, jangan menunda-nunda menerbitkan artikel dengan alasan "tulisan belum sempurna" "masih banyak yang kurang" atau alasan lainnya, jika sudah disrasa cukup maka terbitkanlah, pembaca akan maklum, toh Anda masih punya waktu setelah memposting tulisan untuk mengedit artikel tersebut.

Jadi selesaikan dulu 1 buah artikel, baru beranjak ke artikel berikutnya.


Artikel yang selesai Anda kerjakan, akan memberikan dampak positif bagi diri Anda, ada rasa percaya diri, jiwa Anda akan tambah postif karena berhasil menyelesaikan tugas, dan semangat Anda nulis pun terjaga.

Jika memang betul-betul tak bisa mengerjakan artikel tersebut, Ada dua cara yang bisa lakukan, yang pertama, hapus draft artikel tersebut.

Kedua, tinggalkan saja, suatu saat Anda bisa membukanya kembali dan menyelesaikan artikel tersebut, atau bahkan menghapusnya.

Saat Anda meninggalkan artikel yang tak selesai-selesai tersebut untuk mengerjakan artikel baru, hendaknya hal tersebut Anda lakukan dengan sepenuh hati, dengan memantapkan hati "Saya tutup dulu artikel ini, saya mau kerjakan artikel A dulu sampai selesai, saya akan buka artikel ini bulan depan pada tanggal sekian hari ini", kurang lebih seperti itu cara memantapkan hatinya.


Baca juga : Wow! Ini Kata Blogger Senior : Visitor Blog Bule segini aja Udah Merdeka

Hal tersebut penting, agar saat Anda mengerjakan artikel yang baru, tidak terbebani dengan artikel yang belum tuntas tersebut.

Jadi semangat ngeblog Anda juga akan terjaga, dengan cara menyelesaikan setiap artikel yang sudah Anda putuskan untuk ditulis, ketika Anda mulai menulis huruf pertama, maka berarti Anda akan menyelesaikan artikel tersebut, usahakan seperti itu.

Ngeblog dengan persistence

Ketika layar telah dikembangkan, pantang diturunkan.

Kurang lebih begitulah ungkapan untuk menggambarkan persistence ini, persistence juga kadang dimaknai sebagai kegigihan, ketekunan, pantang menyerah, dan terus menerus mengusahakan hal yang dituju dan diinginkan.

Jika Anda sudah mulai menulis artikel pertama, maka tulislah artikel kedua, sekalipun artikel pertama belum ada yang melirik, membaca dan berkomentar. Jangan tunggu artikel pertama ramai dulu baru membuat postingan lainnya, buatlah terus menerus artikel secara terukur.


Baca juga : Google Luncurkan Question Hub, Ini Yang harus Blogger Tahu!

Mungkin saat membuat artikel yang ke 5 atau 6, semangat Anda nulis mulai luntur, saat itulah Anda harus ingat kembali apa tujuan Anda membuat blog, dan jangan lupa bersyukur, malesnya cukup sebentar, sehabis itu, buka laptop log in dan mulailah menulis kata pertama artikel Anda. Inilah kekuatan persistence.

Nah, diatas tadi ituadalah panduan menjaga semangat blogging yang telah Blogger Firaun praktekkan, jadi sudah teruji.

Apabila Anda berhasil membaca artikel tentang tutorial menjaga semangat ngeblog sampai paragraf ini, mungkin Anda juga suka dengan artikel koleksi Blogger Firaun yang lainnya, jadi silahkan coba cek juga rubrik tutorial blogger dan juga rubrik dunia blogging, yang pastinya akan meningkatkan wawasan Anda seputar blog.


Pada waktu-waktu yang akan datang, Blogger Firaun akan update artikel ini, tentu saja saat kondisi memungkinkan, karena Blogger Firaun percaya, banyak Blogger yang semangat ngeblog diawal, namun ketika dapat tantangan ketika blogging, langsung nyerah. Maka, kemudian menjadi penting sebenarnya artikel tentang cara menjaga semangat blogging bagi Blogger pemula atau Blogger yang sedang membutuhkan suntikan semangat dan mencari cara menstabilkan semangat.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat, apabila ada tanggapan, jangan lupa tinggalkan komentar, dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

6 Responses to "Cara Menjaga Semangat Blogging, Fire Power! Begini Saya Melakukannya"

  1. mantap suhu!!!!, page one nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks apresiasinya Gan, gak nongol di FB, ternyata komennya disini

      Hapus
  2. Balasan
    1. Semangat Gan, Insya Allah kalau tujuannya baik dan positif, pasti selalu ada jalan untuk bersaing.

      Hapus