6 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Blog, Bikin Ngiler!

Jika Anda sedang mencari informasi tentang kelebihan blog atau mengenai manfaat menulis blog, maka Anda sudah mendapatkan artikel yang tepat. Pasalnya, pada artikel ini akan dipaparkan mengenai manfaat memiliki blog, jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai, untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki blog.

Pada 17 Agustus 2019, BloggerFiraun.com di deklarasikan, dilahirkan atau apalah sebutannya.

Harapannya saat itu, blog ini bisa digunakan untuk menghasilkan uang.

Setelah hampir 2 tahun ngeblog, atau menulis blog, hal tersebut benar saja terjadi, mendapatkan uang dari blog itu sebuah keniscayaan.

Tidak hanya uang, namun juga ada hal lainnya.

Nah, dari hal tersebut, maka muncullah artikel ini, BloggerFiraun.com ingin membagikan, informasi tentang berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menulis blog.

keuntungan blog yang bisa didapatkan
Ilustrasi : kelebihan dan keuntungan memiliki blog.

Sebelum Anda lebih jauh membaca artikel ini, perlu diberitahukan bahwa artikel ini terdiri dari 1.559 kata, jumlah yang cukup banyak.

Mengapa tidak disingkat saja?

Penulis khawatir jika artikel ini disingkat dalam 300 kata, ada makna yang terdistorsi, dan pesan yang penulis ingin sampaikan tidak diterima oleh pembeca secara baik.

Maka dari itu penulis putuskan untuk menulis artikel ini secara utuh.

Karena panjangnya artikel ini, jika Anda merasa bahwa tidak akan selesai membaca artikel ini dalam sekali baca, maka silahkan bookmark (simpan link) artikel ini terlebih dahulu.

Sehingga suatu saat jika Anda butuh untuk membaca artikel ini, maka tidak susah untuk menemukannya.

Baik, jika Anda memutuskan untuk membaca artikel ini sekarang, coba kita hitung yuk berapa lama Anda bisa meneyelesaikan artikel ini.

Jika kecepatan membaca Anda 100 kata permenit, maka Anda bisa meneyelesaikan tulisan ini dalam waktu 15,59 menit.

Oke, sekarang kita masuk ke topik utama artikel ini, tentu saja tentang keuntungan yang bisa diperoleh ketika memiliki blog.

Selamat membaca!

Manfaat memiliki blog bagi Anda

Sub judulnya agak provokatif ya, "manfaat blog bagi Anda" hehe. Tapi memang ini yang mau tak sampaikan, setidaknya menurut pengalaman kami selama ini blogging. Berikut ini adalah beberapa manfaat blog yang bisa Anda peroloeh ketika memilikinya :

  1. Melatih menulis dan berpikir;
  2. Mengembangkan imajinasi dan logika;
  3. Menyalurkan hobi; 
  4. Mendapatkan insight baru dari pembaca;
  5. Mengampanyekan hal yang disukai;
  6. Menghasilkan uang;

Nah, itu tadi 6 manfaat memiliki dan menulis sebuah blog.

Oke, jika Anda masih juga kurang greget untuk memiliki sebuah blog setelah mengetahui 6 manfaat tersebut, kami akan paparkan dan jelaskan setiap poin diatas setelah paragraf ini, simak baik-baik.

Semakin menarik lho artikelnya hehe.

Melatih menulis dan berpikir

Baik kita mulai dari yang pertama, disebutkan tadi, bahwa dengan memiliki blog, maka pemilik blog akan bisa melatih menulis sebuah artikel dan berpikir. Kok bisa?

Mungkin itu yang jadi pertanyaan Anda.

Jadi begini, menulis sebuah artikel bukan perkara mudah bagi yang belum pernah melakukannya, bahkan untuk yang sudah terbiasa menulis artikel, ada kalanya muncul kebuntuan, maka dari itu kemmapuan menulis harus terus diaasah.

Nah bagi Anda yang ingin bisa menulis artikel, maka mempunyai blog akan memeberikan Anda manfaat, pasalnya, Anda akan dituntut untuk menerbitkan sebuah artikel pada periode waktu tertentu.

Dimana untuk menerbitkan sebuah artikel pada sebuah blog, Anda harus menulis artikelnya terlebih dahulu.

Disisi yang lain, tuntutan untuk menerbitkan artikel, membuat Anda harus berpikir kreatif, untuk membuat artikel dengan bahasan atau topik tertentu. Disinilah letak "thinking excersie", Anda akan dituntut untuk berpikir, bagaimana kata-kata disusun untuk membentuk kalimat, dan akhirnya artikel yang Anda buat selesai.

Mengembangkan imajinasi dan logika

Oke, selanjutnya kita masuk pada poin kedua, dengan memiliki sebuah blog maka imajinasi dan logika akan berkembang. Kok bisa?

Jadi begini, memiliki sebuah blog itu bukan hanya perkara berpikir secara eksak, barapa kata atau berap aklimat yang harus dibuat supaya artikel bagus.

Tapi juga masalah imajainasi, penulisa yang miskin imajinasi bakalan kesusahan untuk bermain-main dengan kata-kata.

Tapi tenang, untuk bisa berimajinasi dengan baik bisa dilatih, yakni dengan memaksanya, membiasakannya menulisa dan berimajinasi.

Maka dari itu, seorang penulis dituntut untuk berimajinasi, kira-kira setelah kata ini, nanti kata berikutnya apa, kemudian jalan cerita dari artikel ini seperti apa, dan seterusnya.

Jika penulis sudah happy dengan hal tersebut, sudah enjoy dalam berimajinasi, maka menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan.

Demikian pula dengan logika penulis akan terus berkembang seiring dengan imajinasi yang semakin terlatih, bahkan bisa dikatakan untuk membuat artikel yang tidak berlogika pun dibutuhkan logika.

Asik ya bermain-main dengan kata-kata.

Hobi menulis tersalurkan

Manfaat berikutnya yang bsia Anda petik, ketika Anda memiliki sebuah blog adalah, hobi menulis Anda bakalan tersalurkan dengan baik. Tentu ini bagi orang yang punya hobi menulis, seperti penulis.

Bagi yang tidak punya atau belum hobi menulis, tentu manfaat ketiga ini dapat dicoret haha.

Karena, kalau orang sudah hobi, atau punya kesenangan pada sebuah hal, itu dia bia mengeluarkan biaya berapapun untuk menjalani hobi tersebut, tentu setelah kebutuhan pokok terpenuhi.

Tapi ada juga lho, yang kebutuhan pokoknya belum terpenuhi, namun hobi jalan terus, misal hobi main game yang belum profesional.

Jika hobi tak tersalurkan, bisa stress, ya mungkin stress ringan sih gak sampai yang parah gitu. Maka jika Anda hobi menulis, mempunyai blog bakalan bermanfaat banget.

Memperoleh insight dari pembaca blog

Dengan memilik sebuah blog, maka kita selalu pengelola blog bisa mendapatkan insight positif berupa tanggapan pembaca atau orang yang merespon tulisan dalam blog.

Tentu saja ada beberapa kondisi supaya hal ini dapat dipenuhi, yakni :

  1. Tersedia kontak atau cara menghubungi pengelola blog;
  2. Kolom komentar dibuka;

Walaupun, diluar 2 kondisi tersebut bisa saja orang lain berpendapat, atau memberikan tanggapan dengan cara melakukan review blog.

Namun 2 kondisi diatas, menurt penulis adalah kondisi yang paling kondusif untuk menangkap pendapat pembaca.

Dengan mendapatkan tanggapan atau komentar dari pembaca, kita bisa mendapatkan insight baru, dimana insight tersebut bisa kita gunakan untuk mendevelop diri atau mengembangkan blog.

Tentu saja harus dipilih, pilih saja insight yang baik-baik, dan jika komenatar atau tanggapan tersebut nerugikan, Anda bisa menghapusnya, jangan ragu.

Mengampanyekan hal yang disukai secara gratis

Manfaat berikutnya yang bisa Anda peroleh ketika mempunyai sebuah blog adalah, Anda bisa mengampanyekan hal yang Anda sukai secara gratis tentunya, tidak perlu bayar iklan.

Orang yang membaca blog Anda mungkin juga akan membaca artikel promosi atau kampanye yang sedang Anda jalankan.

Tidak seperti iklan, setiap kali iklan ditayangkan, baik di Google AdWords maupun Facebook, maka Anda akan dikenakan biaya, apalagi ada yang mengkliknya.

Nah, kampanye artikel blog tidak akan menguras isi dompet Anda, hanya saja Anda harus punya effort lebih untuk membuat artikel promosi yang baik.

Ya itu wajar, effortnya juga sebanding dengan yang didapat.

Bahkan, jika promosi Anda tidak semoncer seperti yang diharapkan, Anda bisa memetik pelajaran dan tidak rugi secara finansial, pasalnya tidak ada uang yang Anda harus keluarkan.

Oke, tunggu apalagi, buat blog sekarang dan promosikan produkmu.

Jika Anda belum punya blog, bisa kok buat blog secara gratis, silahkan ikuti panduan membuat blog gratis ini, disana Anda akan dipandu untuk membuat blog dengan platform blogspot.

Kemudian jika Anda tak punya banyak waktu belajar membuat blog dari awal, namun cepat ingin memiliki sebuah blog, Anda bisa memanfaatkan jasa buat blog murah yang oke punya, pasalnya blog pesanan Anda akan dikerjakan sesuai kemauan Anda, jadi bisa custom.

menarik sekali.

Jujur saja, penulis paling suka dengan manfaat yang satu ini, pasalnya sudah berapa juta saja penulis dapatkan dengan cara mempromosikan suatu hal melalui blog, dan yang paling penting secara gratis, karena memanfaatkan SEO bukan iklan berbayar.

Menghasilkan uang dari blog

Manfaat berikutnya yang bisa diperoleh dari blog ini adalah uang dengan jumlah yang bervariasi, misalnya saja blog Anda bertemakan tentang teknologi atau gadget, maka Anda bisa sambil jualan gadget, tentu untungnya bervariasi, dari puluhan ribu sampai jutaan.

lagi-lagi ketarampilan jualan Anda diuji, supaya tidak rugi hehe.

Bagi blogger yang sudah cukup berpengalaman, maka sebuah postingan saja pada blognya dapat dijual, harganya bisa puluhan ribu, ratusan ribu atau bahkan jutaan, tentu tergantung siapa yang order dan bagaimana dealnya.

Jualan postingan artikel ini biasanya dinamakan dengan content placement.

Baca juga : 7 Cara Jitu Memilih Jasa Pembuatan Blog, Anti Penipu!

Nah dari situlah seorang blogger bisa mendapatkan uang.

Masih ada cari lainnya sebenarnya untuk mendapatkan uang dari blog, namun tak akan kita bahas disini, karena pada artikel ini kita akan fokus pada manfaat punya blog saja.

Untuk teknis mendapatkan uang dari blog, mudah-mudahan kita bisa bahas pada artikel berikutnya. Di blog ini tentunya, jadi silahkan kepoin terus ya hehe.

Penutup

Nah itu tadi sudah dijelaskan detail tentang berbagai benefit memiliki sebuah blog, semoga Anda suka hehe.

Jika Anda belum punya blog, dan tertarik ingin mendapatkan berbagai manfaat diatas, atau salah satunya, maka buatlah blognya sekarang, jangan ditunda-tunda, nanti lupa hehe.

Oh ya, apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share artikel ini ke WA, Facebook, Twitter atau sosial media lainnya, biar penulis senang hehe.

Baca juga : 

Jika Anda juga punya pendapat atau tanggapan mengenai artikel ini, jangan ragu ya untuk membubuhkan komentar Anda dibawah, jangan sungkan pokoknya.

Ngomong-ngomong tentang membuat atau memiliki blog, jika Anda tak punya cukup waktu untuk membuat blog, nah penulis punya rekomendasi nih, order saja di jasa buat blog berkualitas, disana Anda akan dibuatkan blog sesuai kemauan Anda, pelayanannya pun nomer satu, terbaik pokoknya.

Untuk membuktikannya, silahkan buktikan sendiri deh, harganya mulai dari 50 ribuan aja lho.

Tak terasa artikel yang cukup panjang ini sudah sampai dipenghujung ya, jika Anda suka artikel semacam ini, silahkan cek juga rubrik blog karena disana ada banyak tulisan menarik yang siap menstimulus ide-ide kreatif di otak Anda.

Oke, demikian artikel mengenai keuntungan atau manfaat memiliki blog ini, semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa mendapatkan insight positif, yang menarik dan bermanfaat. Sekian salam sukses dan sampai jumpa pada artikel berikutnya pada blog ini, yang tak kalah joss tentunya.

0 Response to "6 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Blog, Bikin Ngiler!"

Posting Komentar